Wednesday, May 11, 2011

Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan satu dari banyak pilihan energi alternatif yang ada. Energi panas bumi berasal dari aktivitas tektonik di bawah permukaan bumi. Energi panas bumi mudah di ekstrasi terutama di tempat-tempat yang dekat dengan area tektonik. Panas bumi yang berada beberapa kilometer di bawah kita memiliki tekanan yang amat besar, tekanan ini memiliki potensial energi yang dapat dimanfaatkan.


Pemanfaatan energi panas bumi memang tidak mudah. Indonesia sebagai salah satu contoh negara yang memiliki banyak gunung aktif, memiliki peluang besar untuk mengadopsi energi panas ini, namun peluang besar ini masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Potensi panas bumi yang ada di tempat-tempat terpencil jarang dimanfaatkan karena kabutuhan energi listrik masih sedikit. Panas bumi ini hanya bisa dimanfaatkan pada daerah yang dekat dengan sumber aktivitas tektonik.

Panas bumi ini ramah lingkungan dan efisien. Namun, kelestarian lingkungan hidup harus tetap menjadi prioritas utama dalam pemanfaatannya. Tujuan utama dari pengadaan energi alternatif ini adalah untuk menjaga kelestarian alam, kan !

Jangan lupa baca yang ini juga



No comments:

Post a Comment