Saturday, May 7, 2011

Limbah Plastik jadi Energi

Sering terpikirkan oleh saya tentang banyaknya limbah plastik yang membutuhkan puluhan tahun dalam proses penguraiannya, juga tentang besarnya kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar, khususnya bahan bakar fosil. Akhirnya, terbesit dalam benak saya tentang mengubah limbah plastik menjadi bahan bakar.

Masih mencari-cari kandungan dalam plastik yang dapat dipakai sebagai bahan bakar, pemikiran saya sudah lebih dulu diaplikasikan oleh tiga siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.


Dikutip dari SURYA Senin, 23 Mei 2011.

"Alat bikinan tiga siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI itu didasari prinsip dasar bahwa plastik merupakan residu hasil cracking minyak bumi"
"Industri seperti ini sudah berjaya di Washington DC, Amerika Serikat. Pelopornya perusahaan Envion yang baru berdiri 2004 silam. Tiap tahun, mereka sanggup mengonversi 6000 ton plastik menjadi hampir 1 juta barrel atau 117,4 juta liter minyak"
Industri ramah lingkungan seperti ini harus secepatnya di-jaamurkan’ di dunia. Industri ini memiliki peluang bisnis besar, baik sekarang maupun nanti.

Jangan lupa baca yang ini juga



No comments:

Post a Comment